Plus Minus: Imperialisme Nihon


A : Penjajahan pasti negatif lah, masa ada positifnya?
B : Anda yakin? Cek dulu dong...




Jepang pertama datang ke Indonesia pada 8 Maret 1942 dan mendarat di Tarakan, Kalimantan Utara (dulu masuk Kalimantan Timur), beberapa saat setelah meletus perang Pasifik antara Jepang dan US di Hawaii. Karena terlibat banget dengan perang, Jepang butuh lebih banyak tenaga dan pasokan bahan baku perang dalam melawan sekutu. Di samping itu, Jepang juga ingin menguasai Asia dengan semangat Hakko Ichiu mereka. Maka mulailah mereka melirik kita. #cieeee

Nah, penjajahan Jepang di Indonesia walaupun hanya seumur jagung, hanya satu per berapanya penjajahan Belanda, tapi ngga lebih baik daripada penjajahannya para kaukasoid itu. Banyak dampak buruknya pendudukan Jepang ke kita lohh... Nih lihat:
  • Romusha alias kerja paksa yang membuat banyak rakyat kita sengsara karena diperas tenaganya buat memenuhi kebutuhan Jepang. Dari 1600 orang yang dipaksa ikut romusha, yang bisa bertahan hidup cuma 251 orang. 
  • Jugun Ianfu, prostitusi wanita pribumi yang dipaksa melayani para tentara Jepang
  • Eksploitasi sumber daya alam Indonesia untuk diangkut ke Jepang atau langsung dipasok untuk perang melawan sekutu, intinya SDA kita diambil Jepang.
  • Krisis ekonomi yang sangat parah : hal ini dikarenakan dengan disalurkannya uang pendudukan secara besar-besaran sehingga menyebabkan terjadinya inflasi.
  • Akibat dari self sufficiency yang terputusnya hubungan antar daerah.
  • Penguasaan di semua lini kehidupan Indonesia, seperti penerapan kehidupan kemiliteran, pembubaran organisasi politik, dan pembatasan pers.
romusha



Tapi percaya deh, segala sesuatu pasti ada sisi baiknya, bahkan dalam aspek penjajahan Jepang ini. Nih kalau ngga percaya:
  • Pembangunan fasilitas-fasilitas umum
  • Pembentukan lembaga-lembaga militer dan semimiliter yang mengajarkan kemiliteran pada rakyat Indonesia. Ini memberikan peluang bagi bangsa Indonesia untuk menyerang balik loh..
  • Dalam bidang ekonomi didirikannya kumyai yaitu koperasi yang bertujuan untuk kepentingan bersama. 
  • Pembentukan strata masyarakat hingga tingkat paling bawah yaitu rukun tetangga (RT)
  • Diperkenalkan suatu sistem baru bagi pertanian yaitu line system (sistem pengaturan bercocok tanam secara efisien) yang bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan.
  • Dibentuknya BPUPKI dan PPKI untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Dari sini muncullah ide Pancasila
  • Jepang dengan terprogram melatih dan mempersenjatai pemuda-pemuda Indonesia demi kepentingan Jepang pada awalnya, namun oleh pemuda hal ini dijadikan modal untuk berperan.
  • Dalam pendidikan dikenalkannya sistem Nipon sentris dan diperkenalkannya kegiatan upacara dalam sekolah.
  • upacara bendera
 Tuh kan, segala hal pasti ada baik buruknya, kan?

Sumber:
http://www.kompasiana.com/arinasabilahaq/penjajahan-jepang-untung-atau-rugi-buat-indonesia_5500e807a3331123705124fb
http://sadily.blogspot.co.id/2009/04/dampak-positif-dan-negatif-pendudukan.html 
 
 
Jepang mulai mendarat di Indonesia pada 8 Maret 1942, beberapa saat setelah meletus perang Pasifik antara Jepang vs AS di Hawaii. Selain berambisi menaklukkan Asia, Jepang juga butuh lebih banyak tenaga dan pasokan bahan baku perang dalam melawan sekutu, maka mulailah dia melirik Indonesia.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/arinasabilahaq/penjajahan-jepang-untung-atau-rugi-buat-indonesia_5500e807a3331123705124fbJepang mulai mendarat di Indonesia pada 8 Maret 1942, beberapa saat setelah meletus perang Pasifik antara Jepang vs AS di Hawaii. Selain berambisi menaklukkan Asia, Jepang juga butuh lebih banyak tenaga dan pasokan bahan baku perang dalam melawan sekutu, maka mulailah dia melirik Indonesia.
Jepang mulai mendarat di Indonesia pada 8 Maret 1942, beberapa saat setelah meletus perang Pasifik antara Jepang vs AS di Hawaii. Selain berambisi menaklukkan Asia, Jepang juga butuh lebih banyak tenaga dan pasokan bahan baku perang dalam melawan sekutu, maka mulailah dia melirik Indonesia.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/arinasabilahaq/penjajahan-jepang-untung-atau-rugi-buat-indonesia_5500e807a3331123705124fb

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top