Asia and Africa in Global Economy


Pada 1955, dilaksanakan sebuah konferensi bernama Konferensi Asia-Afrika di Bandung. Konfernsi tersebut menghasilkan 10 poin hasil yang dinamakan dengan Dasasila Bandung. Salah satu tujuan KAA ini addalah untuk mempromosikan kerjasama di bidang ekonomi. Sekarang, gimana ya Asia dan Afrika dalam menghadapi ekonomi global?


Penduduk Asia-Afrika mencapai 75 persen dari total penduduk dunia. Itu merupakan potensi besar untuk dapat membangun kerjasama. Negara-negara Asia-Afrika sejatinya memiliki potensi sumber daya alam dan manusia yang luar biasa. Oleh karena itu, jika hal ini disinergikan akan tercapai kemakmuran bagi masyarakatnya. Namun, jika dilihat, angka pertumbuhan ekonomi rata-rata tahun 2013, hanya sebesar 4,9 persen, sementara nilai inflasinya masih diatas rata-rata dunia. Itu artinya perlu ditingkatkan kinerja agar rakyat lebih sejahtera.
Dalam peringatan KAA yang lalu, dibahas ide-ide dan terobosan baru dalam bidang ekonomi dan perdagangan untuk meningkatkan kesejahteraan negara-negara Asia-Afrika. Negara Asia Afrika membutuhkan kerjasama dan infestasi yang saling menguntungkan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan bersama. 
Dengan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih dari korupsi, program-program tersebut akan dalat dijalankan dengan baik dan masyarakat dapat segera merasakan manfaatnya. Kerjasama ekonomi dan perdagangan harus digalakkan antara kita, sebab dari situlah pengingkatan kesejahteraan akan dapat segera terwujud.
Pada tahun 2013-2014, pertumbuhan ekonomi Asia rata-rata 4,9 persen, sedangkan di Afrika 4,3 persen, dan PDB kedua kawasan pada tahun 2014 mencapai 51 persen dari PDB dunia, ujar Presiden. Kontribusi investasi juga meningkat cukup tajam dari 13,2 persen tahun 2000 menjadi 41, 5 persen tahun 2013, yang menunjukkan bahwa negara-negara Asia Afrika semakin berperan dalam ekonomi dunia.

Pada Asian African Business Summit lalu juga membahas mengenai pembentukan Dewan Bisnis Asia Afrika atau Asia Africa Business Council, yang akan menjadi medium untuk meningkatkan hubungan bisnis antara negara-negara Asia dan Afrika.

Jadi, Ayo kita bersama berupaya untuk meningkatkan perekonomian bersama! :)

Sumber:
http://www.mirajnews.com/id/tantangan-baru-negara-asia-afrika/71749
http://www.voaindonesia.com/a/presiden-jokowi-ajak-peserta-kaa-lebih-ramah-terhadap-dunia-usaha/2728352.html

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top