Reformasi?

Reformasi?



Reformasi secara umum berarti sebuah perubahan terhadap suatu sistem yang telah ada pada suatu masa. 
Tapi di Indonesia, kata "Reformasi" merujuk pada gerakan mahasiswa pada tahun 1998 yang menjatuhkan kekuasaan Presiden Soeharto yang menandai berakhirnya era Orde Baru dan dimulainya era reformasi.

Reformasi di Indonesia itu gara-gara sebuah krisis finansial Asia yang menyebabkan ekonomi Indonesia melemah dan semakin besarnya ketidakpuasan masyarakat Indonesia terhadap pemerintahan pimpinan Soeharto saat itu menyebabkan terjadinya demonstrasi besar-besaran yang dilakukan berbagai organ aksi mahasiswa di berbagai wilayah Indonesia. 
Pemerintahan Soeharto semakin disorot setelah Tragedi Trisakti pada 12 Mei 1998 yang kemudian memicu Kerusuhan Mei 1998 sehari setelahnya. Gerakan mahasiswa pun meluas hampir diseluruh Indonesia. Di bawah tekanan yang besar dari dalam maupun luar negeri, Soeharto akhirnya memilih untuk mengundurkan diri dari jabatannya.
Ketika reformasi, para mahasiswa menuntut 6 hal, yakni:

  • Penegakan supremasi hukum
  • Pemberantasan KKN
  • Pengadilan Presiden Soeharto dan kroninya
  • Amandemen konstitusi UUD 1945
  • Pencabutan Dwi Fungsi ABRI
  • Pemberian otonomi seluas-luasnya



Kalau ob ditanya apa persepsi tentang reformasi, jawabannya, ya reformasi membawa suatu perubahan bagi bangsa Indonesia. Harapannya, perubahan tersebut menuju ke arah yang lebih baik. Perbaikan sistem amat diperlukan pada masa itu. Dengan reformasi, diharapkan pemerintah menjadi lebih terbuka pada masyarakatnya. 

Kita tahu bahwa segala sesuatu pasti akan menimbulkan dampak. Begitu pula dengan reformasi di Indonesia. Apa saja? Nantikan di postingan berikutnya, ya....



Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Indonesia_(1998-sekarang)
https://id.wikipedia.org/wiki/Reformasi
https://vivapemuda43a.wordpress.com/2012/04/23/6-tuntutan-reformasi-tahun-1998/

CONVERSATION

0 komentar:

Posting Komentar

Back
to top