Muhasabah: Plus Minus Saya menurut 20 Orang



Kalau kata teman saya, “Jangan mengada-adakan plus, ungkapkan semua minus”



            Waktu pertama jam pelajaran BK di IC, saya ingat Bu Ajeng suruh kami untuk nulis plus minus antar teman gitu. Dan ini hasil yang saya dapat waktu itu...

Plus (+)
Minus (-)
Hemat
Ngantukan :p
Tempat curhat kayanya
Suka lemot mikir :v
Pinter
Suka tidur
Nggak banyak omong
Kaya anak kecil
Rajin
Ngantukan
Gak bikin rusuh
Ngantukan
Peduli sama temen
Tiduran :v
Tekun
NGANTUKAN :v
Suka membantu
Ngantuk terus ya mbak?
Pintar :)
Cuek
Cepat
Kerja tugas kelompok gak manggil-manggil
Ramah, gampang berteman
Ngantukan :v
Cerdas
Jangan tidur di kelas :(
Pinter agama
Males
Kepinteran
Kadang males
Vintar :v dan rajin
Molor’s :v
TEKUN (MUNGKIN)
Suka tidur
Aktif [lumayan]
KALO NANYA YANG SUSAH-SUSAH
Alim
Sering tidur di kelas, lain kali jangan tidur lagi ya...
Rajin
Sering terakhir ngumpulin ulangan
Supel
Alay (mungkin)
Asyik
Ngantukan :p
Baik



            Itu dulu. Beberapa pekan yang lalu, Bu Ajeng suruh kami buat gituan lagi daaan....
Ini hasilnya....

Plus (+)
Minus (-)
Alim & keibuan
Kadang seperti anak kecil ^_^
Solehah, alim, kritis
Kadang kurang PD
Nakz Keboemen yang alim
Kurang toleransi
Pinter macem-macem
Kurang toleransi
Tanggung jawab
Sometime, egois ^_^
Mau membantu
Kenapa ragu ikut IC2
Baik
Suka nyindir (kadang)
Keibuan
Jarang senyum
Berani
Ketiduran
Berani jadi diri sendiri
Nyebelin, egois -> RT
Pd
Kata-katanya sering tanpa disengaja menyakitkan
-murah senyum-
Kadang egois
Berani mengungkapkan pendapat
Terlalu kritis
Disiplin
Kalo dibangunin pernah marah
Kritis
Agak cerewet (?)
Suci dalam pikiran, perkataan & perbuatan
Baperan (?)
Berani membela kebenaran
Saking kritisnya, berlebihan
Tanggung jawab
Suka nyindir -> RT
Nax Kebumen
Kurang toleran
Baik
Males
Pengetahuan agamanya bagus -> RT
Agak gimana gitu
Supel
Kepo
Supel
Suka berlebihan
Suka membantu
Nyindir (tanpa sadar)

Suka tidur di kelas

Suka tidur di kelas

Egois

            Lihatlah sendiri perbedaannya...
Amat berbeda. Walaupun tetap dapat dilihat kesamaan di antara keduanya, tapi tetap saja berbeda. Saya mengetik tabel ini sama persis dengan yang teman-teman saya tulis di lembar saya.
Saya tahu, pada awalnya, teman-teman belum tahu, belum kenal saya. Tapi setelah hampir dua semester sekelas, mereka “sudah” tahu, “sudah” mengenal saya. Itu opini teman-teman yang mereka lihat dari diri saya. Ya, saya terima saja. Toh, mereka yang merasakannya.
            Sekarang tugas saya tinggal muhasabah, berusaha untuk menjadi yang lebih baik. Menghilangkan persepsi negatif teman-teman tentang saya, menghilangkan minus-minus itu satu persatu. Berusaha mempertahankan apa yang sudah teman-teman anggap baik akan saya, mempertahankan plus-plus itu meski saya tahu itu sulit.
            Saya bukan teman yang baik, saya tahu itu. Sulit untuk mendapatkan cap sebagai “teman baik”. Saya tidak pernah merasa punya “teman”. Saya termasuk “anak buangan” di kelas. Maksud saya, saya adalah pilihan terakhir bagi teman-teman perempuan kelas saya. Saya dan satu teman saya. Akhirnya, kami berdua yang merasa senasib-pun bergabung, menyatukan kekuatan. Guru-guru tidak tahu hal ini. Tapi teman-teman laki-laki kelas saya tahu itu. Teman-teman dari lain kelas pun tahu itu. Jadi, saya berasumsi bahwa saya bukanlah seorang teman ynag baik.

 Terima Kasih sudah membantu muhasabah saya. :)

CSA, 22 Mei 2016

CONVERSATION

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. terima kasih juga udah jadi tmn sklsku yang baik selama 2 tahun ,terima kasih udah membuatku sadar untuk lebih intropeksi diri lagi . terimakasih. maaf belum jadi teman yang baik.

    BalasHapus
  3. ih Bella baca ya? Maaf ya Bel...

    BalasHapus

Back
to top